Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Festival Ramadan Kukar Meriahkan Bulan Suci dengan Lomba Anak Soleh dan Pasar Ramadan
Foto : Suasana gelaran Festival Ramadan di Mesjid Agung Sultan Sulaiman pada tahun lalu (Istimewa)
Foto : Suasana gelaran Festival Ramadan di Mesjid Agung Sultan Sulaiman pada tahun lalu (Istimewa)

Festival Ramadan Kukar Meriahkan Bulan Suci dengan Lomba Anak Soleh dan Pasar Ramadan

Bebaca.id, Tenggarong – Dalam rangka menghidupkan semangat bulan suci Ramadan, Dinas Pariwisata (Diapar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merencanakan penyelenggaraan Festival Ramadan yang akan berlangsung selama sebulan penuh di Halaman Parkir Masjid Agung Sultan Sulaina, Tenggarong.

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola Masjid Agung Sultan Sukiman, Tenggarong, untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Festival Ramadan direncanakan akan berlangsung selama satu bulan penuh mulai tanggal 11 Maret hingga 10 April,” ungkap Triyatma pada hari Jumat (8/3/2024).

Festival ini akan dimeriahkan dengan berbagai lomba yang akan diadakan dari sore hingga malam hari, salah satunya adalah lomba anak soleh. Tujuan dari lomba ini adalah untuk mengukur tingkat keaktifan anak-anak untuk menjalankan ibadah di Masjid Agung Sultan Sukiman, Tenggarong, termasuk saat pelaksanaan shalat subuh, dzuhur, ashar, maghrib, isya, dan tarawih.

Untuk menilai peserta dalam lomba ini, Dinas Pariwisata akan memberikan lembaran kertas laporan kepada para peserta yang kemudian akan diisi oleh pengurus masjid setiap kali peserta menunaikan ibadah selama bulan Ramadan.

“Kami menyediakan kolom laporan atau catatan untuk dicatat siapa imamnya saat mereka (peserta) menunaikan ibadah. Peserta yang paling rajin akan mendapatkan hadiah,” jelas Triyatma.

Selain itu, di lokasi tersebut juga akan diadakan Pasar Ramadan untuk memberikan fasilitas kepada para pelaku UMKM untuk menjajakan dagangan mereka.

“Dengan adanya Festival Ramadan ini, kami juga berharap dapat memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk berdagang dan meningkatkan perekonomian mereka,” tambahnya.

Penulis : Reihan Noor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram