Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Pemerintah Kukar Dorong Event Tahunan untuk Promosi Destinasi Wisata Lokal
Foto : Kabid Ekonomi Kreatif Dispar Kukar, David Haka (Istimewa)
Foto : Kabid Ekonomi Kreatif Dispar Kukar, David Haka (Istimewa)

Pemerintah Kukar Dorong Event Tahunan untuk Promosi Destinasi Wisata Lokal

Bebaca.id, Tenggarong – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki target untuk membentuk Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) di 8 kecamatan. Langkah ini diambil setelah berhasilnya pencapaian tahun sebelumnya yang melihat pelantikan 12 pengurus Kekraf di tingkat kecamatan.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dispar Kukar, David Haka menjelaskan, keberadaan Kekraf di setiap kecamatan memiliki peran yang sangat penting. Selain sebagai mitra strategis Dispar Kukar dalam menjalankan program di 20 kecamatan, Kekraf juga dianggap sebagai penggerak utama industri kreatif di wilayah tersebut.

“Tahun ini, kita akan membentuk Kekraf di 8 kecamatan seperti Tabang, Kota Bangun Darat, Kenohan, Muara Wis, Muara Muntai, dan beberapa kecamatan lainnya,” ujar David.

Dengan adanya Kekraf di setiap kecamatan, diharapkan akan muncul potensi pengembangan industri kreatif yang beragam, termasuk di pelaku seni pertunjukan, industri musik, film, dan fotografi. Selain itu, juga diharapkan dapat mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dengan demikian, pengembangan industri kreatif tidak hanya bergantung pada pemerintah. Pemerintah diharapkan hanya perlu memfasilitasi hal regulasi, sementara para pelaku industri kreatif dapat berkembang secara mandiri dengan dukungan dari Kekraf.

“Kami hanya perlu memfasilitasi kebutuhan para pelaku ekonomi kreatif dan menyediakan regulasinya saja. Untuk pembinaan dan pengembangan, itu bisa dioptimalkan oleh Kekraf,” jelasnya.

“Kami berharap dengan dukungan pemerintah daerah, para pelaku ekonomi kreatif akan terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Penulis : Reihan Noor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram