Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Dispora Kukar Himbau Putra-Putri Untuk Persiapkan Diri Mengikuti Seleksi Binlat
Foto : Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni (Istimewa)

Dispora Kukar Himbau Putra-Putri Untuk Persiapkan Diri Mengikuti Seleksi Binlat

Bebaca.id, TENGGARONG – Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupten Kutai Kartanegara (Kukar), Aji Ali Husni mengatakan, bahwa pelatihan Bina Latihan (Binlat) TNI-Polri gelombang kedua di tahun 2024 akan segera digelar.

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan putra-putri Kukar dalam menghadapi tes Bintara TNI dan Polri. Kegiatan Binlat yang digagas oleh pihaknya merupakan bagian dari implementasi 23 program dedikasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Ia menjelaskan, dalam program tersebut telah disediakan pelatihan maupun pembinaan yang ditujukan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kukar. Sehingga dapat membuat mereka berusaha maupun bekerja secara mandiri.

Program tersebut telah dijalankan secara kolektif lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan sektoral, sehingga cakupannya bisa lebih luas.

“Karena seleksi bintara ini tahun 2025 mendatang. Jadi kita mulai persiapkan Binlat di tahun ini,” kata Aji, Sabtu (22/6/2024).

Dalam Binlat ini, Dispora Kukar juga bekerjasama dengan TNI AD, AU, AL, dan Polri. Maka dari itu, mulai Agustus pihaknya akan datang ke sekolah-sekolah menengah ke atas yang ada di Kukar untuk melakukan sosialisasi program tersebut.

Aji Ali Husni menambahkan, pihaknya tidak hanya mensosialisasikan tes TNI dan Polri. Tetapi juga sekolah kedinasan seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) hingga Universitas Pertahanan (Unhan).

“Saat ini kami lagi berkoordinasi dengan beberapa OPD yang memang tingkat kebutuhan terhadap tenaga di bidangnya tinggi. Dan itu yang kita laksanakan dahulu pemberdayaan SDM untuk di sekolah kedinasan nantinya,” jelasnya

Binlat ini menurutnya adalah komitmen Dispora mendukung Kukar Siap Kerja. Harapannya akan semakin banyak lahir prajurit TNI dan Polri asli Kukar.

Maka dari itu, lnjut Aji, ia ikut mengimbau kepada putra-putri Kukar yang ingin menjadi abdi Negara mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Binlat dari Dispora. Baik secara fisik, psikis maupun secara akademis.

“Buat adik-adik yang akan mencoba, siapkan diri masing-masing. Kuatkan kemampuan akademisinya, kemudian jaga fisik, mental dan psikologinya. Sehingga pada saat nanti seleksi bisa melaksanakan dengan baik,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram