Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Tekan Angka Pengangguran, Bupati Kukar Gelar Program Kukar Siap Kerja
Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah (Istimewa)

Tekan Angka Pengangguran, Bupati Kukar Gelar Program Kukar Siap Kerja

Bebaca.id, TENGGARONG – Badan Pusat Statistik (BPS) telh merilis data bahwa terdapat 10 Juta Gen Z di Indonesia yang berstatus sebagai pengangguran.

Jika dirincikan, dari total 44,47 juta pemuda dengan rentan usia 19 hingga 24 tahun, ada sekitar 22,5 persen diantaranya tidak memiliki pekerjaan. Angka tersebut terbilang sangat menghawatirkan dan memerlukan tindak lanjut serius dari pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah berkomitmen untuk berperan aktif dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

Ia menjelaskan, bahwa saat ini Kukar akan dihadapkan dengan perpindahan Ibu Kota Nusatara (IKN). Dan salah satu inovasi yang terus digalakan untuk mewujudkan hal tersebut adalah, program Kukar Siap Kerja.

Hadirnya program tersebut guna mendorong peningkatan kemampuan serta kompetensi SDM di Kukar melalui pendidikan dan pelatihan yang terstandar serta menghadirkan sertifikat kompetensi, bagi peserta yang mengikutinya.

Ia juga menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar akan terus berupaya memberi akses ke dunia usaha bagi mereka yang tertarik berwira usaha. Melalui program Kredit Kukar Idaman (KKI), Pemkab Kukar memberikan akses permodalan untuk anak muda yang ingin mengembangkan bisnisnya.

“Kami juga berharap pembangunan berbasis pertanian, pariwisata dan ekraf yang dapat diperbaharui ini harus bisa memberi solusi. Seperti kelompok pemuda petani terus berjalan, karena sektor ini menjanjikan,” kata Edi, Senin (3/6/2024).

Orang nomor satu di Kukar itu sebenarnya tidak mau memusingkan data tersebut. Karena dirinya lebih memilih fokus untuk menjalankan program yang telah dicanangkannya. Serta, membuka peluang selebar mungkin bagi pemuda di Kukar agar memiliki kompetensi dan berdaya saing.

Adapun serentetan program yang disiapkan ini diharapkan mampu menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kukar. Sekaligus menekan angka pengangguran yang diderita Gen Z secara nasional.

“Saya kira persaingan memang semakin ketat, data itu biar dipublikasikan secara nasional. Kita tetap konsen dan fokus dengan kondisi yang ada di Kukar, kita harus mampu bersaing,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram