Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Edi Damansyah Akan Jadikan Kukar Sebagai Lumbung Pangan Bagi Kaltim dan IKN
Foto : Bupati Kukar, Edi Damansyah (Istimewa)

Edi Damansyah Akan Jadikan Kukar Sebagai Lumbung Pangan Bagi Kaltim dan IKN

Bebaca.id, TENGGARONG – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah mengatakan, pihakny akan terus berupaya menumbuhkan minat generasi muda untuk menekuni sektor pertanian.

Hal ini dilakukan guna memuluskan misi untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Karena, sektor pertanian merupakan salah satu bidang usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalankan oleh generasi muda. Mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pertanian telah didominasi oleh petani dengan usia lanjut.

Saat ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar juga telah diperintahkan untuk mempersiapkan pilot project kegiatan pertanian di sekolah-sekolah agar dapat merealisasikan hal tersebut.

Salah satunya dengan menghadirkan demplot pertanain untuk memperkenalkan sektor pertanian pada pelajar secara langsung. Sehingga, mereka bisa belajar menanam tomat, cabai dan sayuran lainnya di sekolah.

“Jadi proses belajar kurikulum berjalan, sektor ini juga kita tanamkan. Kita terus berupaya mengembangkan sektor pangan di Kukar. Dan kami ingin pemuda Kukar ikut terlibat,” kata Edi, Senin (3/6/2024).

Program tersebut diharapkan mampu merubah paradigma generasi muda terhadap sektor pertanian, yang identik dengan lumpur dan kotoran. Sebab, mengingat di era moderen seperti saat ini bahwa sektor pertanain sudah terintegrasi dengan perkembangan teknologi dan dikelola menggunakan mesin moderen.

“Pola pikir ini yang perlu diubah. Sektor pertanian dalam arti luas ini memiliki banyak ruang untuk lapangan pekerjaan. Dan kita terus menggerakkan potensi ini ke anak-anak muda,” jelasnya.

Edi Damansyah menegaskan bahwa, sektor pertanian adalah industri yang sangat menjanjikan dan berkepanjangan. Berbeda dengan sektor pertambangan batubara yang suatu saat akan habis.

“Sektor pertanian tidak akan kehilangan konsumen karena menyediakan kebutuhan dasar bagi setiap orang. Semakin tinggi jumlah pemduduk, maka kebutuhan yang harus dipenuhi dari sektor pertanian akan semakin meningkat,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram