Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Pelatihan dan Sertifikasi Diving untuk Meningkatkan Pariwisata Bawah Laut di Kukar
Foto : Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Ridha Fatrianta (Istimewa)
Foto : Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Ridha Fatrianta (Istimewa)

Pelatihan dan Sertifikasi Diving untuk Meningkatkan Pariwisata Bawah Laut di Kukar

Tenggarong – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah merencanakan penyelenggaraan Pelatihan dan Sertifikasi Diving guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata, pelatihan dan sertifikasi tersebut akan dilakukan di beberapa wilayah potensial wisata bawah laut, seperti di Kecamatan Marangkayu dan Muara Badak.

Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata, Ridha Fatrianta menambahkan, bahwa pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan serupa yang telah diadakan pada tahun sebelumnya, namun kali ini lebih difokuskan pada sertifikasi pemandu wisata diving. Targetnya adalah melibatkan puluhan orang selama pelatihan tersebut.

“Tahun ini akan kembali kita gelar pelatihan setifikasi pemandu wisata diving, dengan target puluhan orang yang akan ikut.” tuturnya.

Lebih lanjut, Ridha melanjutkan sertifikasi ini penting karena menyangkut keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung. Pemandu wisata yang berpengalaman dan bersertifikat diyakini akan memberikan kesan positif terhadap perkembangan wisata bawah laut di Kukar.

Oleh karena itu, para peserta pelatihan akan diajarkan bagaimana memandu para wisatawan selama menjelajahi keindahan alam bawah laut, sehingga mereka dapat menjadi pemandu wisata yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini menjadi penting mengingat beberapa wilayah di Kukar dinilai masih memiliki terumbu karang yang terawat dengan baik.

“Dengan demikian, kami berharap bahwa melalui sertifikasi ini, para pemandu wisata diving akan dapat meningkatkan kualitas layanan mereka, serta memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan pariwisata di daerah tersebut,” tutupnya.

penulis : Reihan Noor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram