Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Menikmati Keindahan Alam Menjelajahi Air Terjun Kandua Raya
Foto: Keseruan bermain di objek wisata Air Terjun Kandua Raya yang terletak Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Foto: Keseruan bermain di objek wisata Air Terjun Kandua Raya yang terletak Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Menikmati Keindahan Alam Menjelajahi Air Terjun Kandua Raya

Bebaca.id, Tenggarong – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) Mengajak Masyarakat Kalimantan Timur Menikmati Keindahan Air Terjun Kandua Raya.

Dalam upaya mempromosikan pariwisata lokal, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) mengundang masyarakat Kalimantan Timur untuk menikmati keindahan objek wisata Air Terjun Kandua Raya yang terletak di Desa Kedang Ipil, Kecamatan Kota Bangun Darat.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kukar, Triatma menjelaskan, air terjun Kandua Raya telah dikelola dengan baik untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Ia juga merekomendasikan destinasi ini kepada wisatawan, terutama untuk berkunjung bersama keluarga pada akhir pekan.

Dan juga, Informasi terhimpun menyebutkan bahwa kawasan air terjun tersebut menyediakan fasilitas tali pengaman yang memudahkan wisatawan menjangkau area sekitar tanpa risiko terbawa arus. Selain itu, terdapat pertunjukan tari pupur beluluh, silat kuntau, dan pameran kerajinan tangan pada waktu-waktu tertentu.

“Objek tersebut sudah dikelola oleh Pokdarwis. Fasilitasnya sudah bagus, bahkan aksesnya sudah diperhatikan,”ujar Triatma.

Disamping itu, Triatma menggarisbawahi pentingnya pengelolaan yang baik bagi semua destinasi wisata air terjun di Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi berbagai objek wisata yang ada.

Tidak hanya itu, di waktu tertentu juga menampilkan pertunjukan tari pupur beluluh, silat kuntau, hingga kerajinan tangan yang melibatkan pelaku ekraf.

“Banyak fasilitas yang sudah sangat memadai. Misal homestay, kios kuliner, dan lain sebagainya,” beber Triatma.

Sementara itu, Camat Kota Bangun Darat, Julkifli mengatakan, bahwa wilayahnya memiliki beberapa destinasi wisata alam yang menarik seperti air terjun Kandua Raya, Air Terjun di Desa Suka Bumi dan Benua Baru, serta Danau Kumbara di Desa Kota Bangun III.

Seperti, air terjun Kandua Raya di Desa Kedang Ipil, air terjun di Desa Suka Bumi dan Benua Baru, serta Danau Kumbara di Desa Kota Bangun III. Destinasi-destinasi ini menawarkan keindahan alam dan kesegaran air yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

“Dengan mengembangkan sektor pariwisata, kami berharap bisa berkontribusi dalam mewujudkan visi Kukar Idaman, yaitu memperkuat ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif,” tambahnya.

Dengan mengembangkan dua sektor andalan ini, Kota Bangun Darat berharap bisa berkontribusi dalam mewujudkan visi Kukar Idaman yaitu, memperkuat ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya kerjasama dengan pihak terkait untuk mengadakan berbagai event tahunan untuk menarik wisatawan dari dalam dan luar daerah. Dengan demikian, diharapkan dapat menciptakan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat setempat.

“Intinya kami ingin masyarakat kami ini bisa memanfaatkan potensi yang ada, guna peningkatan ekonomi dan kesejahteraan secara keseluruhan,” tutupnya.

Penulis : Reihan Noor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram