Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Disperindag Kukar Komitmen Mendampingi Pelaku IKM Pasarkan Produk di E-katalog
Foto : Kabid Pemasaran Produk Dalam Negeri dan Pengendalian Barang Pokok Disperindag Kukar, Mohammad Bustani (Istimewa)

Disperindag Kukar Komitmen Mendampingi Pelaku IKM Pasarkan Produk di E-katalog

Bebaca.id, TENGGARONG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan pendampingan bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk memasarkan produk mereka di e-katalog. Hal ini adalah bentuk komitmen untuk mendukung perkembangan produk lokal.

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Produk Dalam Negeri dan Pengendalian Barang Pokok Disperindag Kukar, Mohammad Bustani menyapaikan, bahwa pihaknya meyakin dengan masuk ke e-katalog pelaku IKM tersebut dapat meningkatkan penjualan mereka.

”Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan pemasaran produk secara luas dan mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat promosi dan transaksi penjualan,” kata Mohammad.

Melalui program tersebut, Mohammad Bustani akan membantu pelaku IKM untuk memahami persyaratan memasukkan produk ke e-katalog termasuk sertifikasi halal untuk produk makanan seperti Pemeriksaan Identifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), serta standar keamanan produk yang diunggah. 

”Hingga saat ini, sudah ada ratusan IKM yang telah masuk dalam e-katalog. Mereka berasal dari berbagai lokasi di Kutai Kartanegara dan telah menerima panduan tentang cara memasukkan produk ke dalam e-katalog,” terangnya kepda wartawan Sabtu (8/6) kemarin.

Adanya pendampingan tersebut dapat memperluas jangkauan pasar pelaku IKM hingga ke wilayah yang jauh. Dan sebagai contoh, produk seperti teh serai dari Kukar kini dapat dijual hingga ke daerah Sumatera.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar telah menyiapkan e-katalog untuk pelaku IKM dan UMKM lokal. Bahkan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga pemerintah kelurahan dan desa telah di instruksikan untuk membeli produk melalui e-katalog.

”Harapan kami dengan produk IKM masuk dalam e-katalog, mereka bisa mengembangkan usahanya dan meningkatkan penjualan mereka,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram