Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Kesbangpol Kukar Akan Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pilkada 2024
Foto : Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti (Istimewa)

Kesbangpol Kukar Akan Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pilkada 2024

Bebaca.id, TENGGARONG – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rinda Desianti menyampaikan, bahwa Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan segera bergulir di tahun 2024 ini.

Rinda menjelaskan, bahwa pihaknya akan turut melibatkan seluruh elemen pemerintahan mulai dari tingkat kecamatan, kelurahan, desa hingga ke tingkat Rukun Tentangga (RT).

“Isu Pilkada ini lebih sensitif, jadi pemetaan harus mencakup berbagai tingkatan mulai dari RT, kelurahan, desa, hingga kecamatan,” kata Rinda.

Pihaknya juga mengaku telah bekerjasama dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) untuk memetakan konflik di Kukar. Hal ini, agar data yang diidentifikasi bisa lebih akurat.

Selain itu, Kesbangpol Kukar juga telah melakukan survei dengan menggunakan google form. Kemudian, data itu akan di analisa lebih lanjut dan Kesbangpol Kukar akan membuat diagram yang menunjukkan kondisi konflik di berbagai wilayah.

Selain kondusifitas wilayah, dirinya juga berharap agar partisipasi masyarakat pada Pilkada kali ini bisa meningkat dari penyelenggaraan sebelumnya. Sebab, partisipasi pada Pilkada 2020 lalu, hanya berkisar di angka 57 persen saja. Maka dari itu, ia menargetkan tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada tahun ini bisa mencapai 70 persen.

“Kami berharap agar proses pemutakhiran daftar pemilih bisa berjalan dengan baik. Dan kejadian orang meninggal namun masih muncul di DPT sangat kami hindari,” terangnya kepada wartawan Selasa (11/6) kemarin.

Jika hal tersebut terjadi, pihaknya akan mendorong penerbitan akta kematian oleh Disdukcapil atau surat keterangan dari lurah atau Kepala Desa.

“Harapannya masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dan mendorong keaktifan mereka dalam Pilkada. Sehingga tingkat partisipasi lebih meningkat di tahun 2024 ini,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram