Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Layak, Distanak Kukar Lakukan Pemeriksaan di 20 Kecamatan
Foto : Suasana pelaksanaan pemeriksaan hewan qurban di Tenggarong (Istimewa)

Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Layak, Distanak Kukar Lakukan Pemeriksaan di 20 Kecamatan

Bebaca.id, TENGGARONG – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) tak henti-hentinya memastikan kualitas hewan kurban.

Sebanyak 153 hewan kurban milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar telah menjalani pemeriksaan kesehatan di beberapa titik di Kecamatan Tenggarong, seperti Kelurahan Maluhu, Bukit Biru, Jalan Jelawat, Jalan Lais, dan Tambak Rel.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan hewan kurban bebas dari penyakit dan memenuhi syarat untuk dikurbankan.

“Kami periksa mulai dari kondisi fisik luar hewan, usia, dan syarat-syarat lain yang harus dipenuhi,” jelas Aji Gazali Rahman, Kepala Bidang Peternakan dan Keswan Distanak Kukar, pada Jumat (14/6/2024).

Tak hanya kesehatan, Distanak Kukar juga menaruh perhatian terhadap status vaksinasi hewan kurban untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hewan kurban yang dinyatakan sehat setelah pemeriksaan akan diberi tanda khusus dan sertifikat dari Distanak Kukar, menandakan hewan layak untuk dikonsumsi atau dikurbankan.

“Alhamdulillah, semua hewan kurban di Tenggarong dinyatakan sehat,” ungkap Aji.

Proses pemeriksaan hewan kurban ini masih terus berlangsung di 19 kecamatan lainnya di Kukar, dengan melibatkan petugas dari UPT dan Puskeswan.

Ia berharap proses pemeriksaan di seluruh Kukar dapat berjalan lancar dan menghasilkan hewan kurban yang berkualitas bagi masyarakat.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram