Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Upaya Peningkatan Populasi Ternak di Kukar Dilakukan Distanak untuk Swasembada Daging
Foto : Kabid Peternakan dan Keswan Distanak Kukar, Aji Gazali Rahman (Istimewa)

Upaya Peningkatan Populasi Ternak di Kukar Dilakukan Distanak untuk Swasembada Daging

Bebaca.id, TENGGARONG – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus menggenjot program pengembangan sektor peternakan demi mewujudkan swasembada daging. Hal ini menjadi langkah penting dalam rangka ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar berperan aktif dalam meningkatkan populasi ternak melalui penyaluran bantuan bibit ternak kepada kelompok peternak lokal.

Menurut Kabid Peternakan dan Keswan Distanak Kukar, Aji Gazali Rahman, program ini difokuskan pada penambahan populasi ternak di Kukar.

Distanak menyalurkan bantuan bibit ternak yang didatangkan dari luar Kaltim. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pertambahan populasi ternak di Kukar.

Dia menjelaskan bahwa pengadaan bibit ternak lokal masih dalam skala kecil dan tidak dikategorikan sebagai pengembangan populasi.

“Kalau Pengadaan lokal hanya memindahkan ternak, bukan menambah jumlahnya,” ucapnya.

Untuk populasi ternak di Kukar saat ini, masih cukup jauh dari angka yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat. Data terakhir menunjukkan populasi ternak di Kukar hanya sekitar 23 ribu ekor.

“Kukar bisa dikatakan surplus daging jika populasi ternaknya mencapai 70 ribu ekor. Oleh karena itu, penyaluran bantuan bibit ternak dilakukan setiap tahun,” terang Aji Gazali.

Tahun ini, Pihaknya mengalokasikan bantuan bibit ternak berupa 1.000 ekor kambing pedaging, 800 ekor sapi Bali, dan 120 ekor babi. Bantuan ini disebar kepada kelompok peternak lokal di 20 kecamatan di Kukar.

“Penyaluran bantuan sapi sudah mencapai 60%, sisanya masih dalam proses karena pengadaannya menggunakan APBD murni dan perubahan,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram