Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Pemkab Kukar Dorong Hilirisasi Sektor Pertanian Untuk Tingkatkan Hasil Panen
Foto : Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fhatullah (Istimewa)

Pemkab Kukar Dorong Hilirisasi Sektor Pertanian Untuk Tingkatkan Hasil Panen

Bebaca.id, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) tengah giat melakukan transformasi ekonomi.

Upaya ini diwujudkan melalui Program Hilirisasi, khususnya di sektor pertanian, yang selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026.

Disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Sayid Fathullah, program transformasi ini akan dilakukan secara bertahap.

Saat ini, Kukar tengah menyelesaikan pembangunan pabrik pengolahan rumput laut di Desa Muara Badak Ulu, dengan progres mencapai 80%. Ditargetkan, pabrik ini mulai beroperasi pada awal tahun depan.

“Produk turunan yang akan dihasilkan dari pabrik ini antara lain tepung rumput laut, beras rumput laut, mie instan rumput laut, dan lainnya,” jelasnya, Jumat (21/06/2024).

Tak hanya itu, Pihaknya juga berencana membangun pabrik pengolahan minyak makan merah di Kecamatan Kembang Janggut.

Saat ini, Pemkab Kukar tengah mengurus perizinan ke Kementerian dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memulai pembangunan.

“Selain itu, kami juga sedang menyiapkan pembangunan pabrik pakan ternak atau pakan ikan di Kecamatan Loa Kulu,” bebernya.

Dia menambahkan, Kajian ilmiah untuk pembangunan pabrik pakan ikan ini telah dilakukan dan 80% bahan bakunya tersedia di Kukar. Hanya 20% bahan baku berupa vitamin yang masih perlu diimpor.

Ia menekankan bahwa hilirisasi sektor pertanian di Kutai Kartanegara (Kukar) adalah kunci untuk meningkatkan nilai hasil panen. Dengan mengolah bahan baku menjadi produk bernilai tambah, harga jualnya pun akan meningkat.

Lebih lanjut, beliau berharap Kukar dapat mencapai kemandirian pangan dan sandang, sekaligus membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas.

“Kita telah menyiapkan 3 zona kawasan pergudangan untuk mendukung IKN,” tutupnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram