Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Dispar Kukar Targetkan Wisata dan Ekonomi Lokal Melonjak
Foto : Kepala Destinasi Pariwisata, M. Ridha Fatrianta.

Dispar Kukar Targetkan Wisata dan Ekonomi Lokal Melonjak

Bebaca.id, TENGGARONG – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) mengumumkan pencapaian luar biasa dari empat destinasi wisata utama di daerah tersebut yang telah memberikan kontribusi pendapatan signifikan pada tahun lalu.

Empat destinasi ini—Pulau Kumala, Planetarium Jagad Raya, Waduk Panji Sukarame, dan Pantai Tanah Merah di Samboja—berhasil menghasilkan total pendapatan sebesar 1,4 miliar rupiah, dengan kontribusi terbesar berasal dari Pantai Tanah Merah di Samboja.

“Pada tahun 2023, pendapatan dari destinasi PAD mencapai sekitar 1,4 miliar rupiah, dengan kontribusi terbesar dari Pantai Tanah Merah,” ungkap Kepala Destinasi Pariwisata, M. Ridha Fatrianta.

Menurut Ridha Fatrianta, setiap tahun Pemerintah Daerah Kukar selalu mengalokasikan dana untuk pemeliharaan dan pengembangan destinasi wisata.

“Tahun lalu, kami mengalokasikan anggaran sebesar 5 miliar rupiah untuk kebersihan, keamanan, penerangan, pembangunan, dan lainnya,” jelas Ridha.

Ia juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2024, anggaran pengembangan pariwisata meningkat menjadi 5,3 miliar rupiah. Dana ini akan digunakan untuk pemeliharaan dan pengembangan empat destinasi wisata tersebut.

“Untuk tahun ini, kami mengalokasikan 5,3 miliar rupiah untuk empat destinasi, dengan fokus pemeliharaan terbesar pada Pulau Kumala,” tambah Ridha.

Dispar berkomitmen untuk mewujudkan Kukar sebagai magnet pariwisata, menggerakkan pertumbuhan ekonomi lokal, dan menyajikan manfaat yang melimpah bagi masyarakat.

Penulis : Reihan Noor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram