Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Bersama Pokdarwis Kabupaten Kukar, Pariwisata Berkembang
Foto : Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Kukar, Sugiarto

Bersama Pokdarwis Kabupaten Kukar, Pariwisata Berkembang

Bebaca.id, TENGGARONG – Untuk mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar merencanakan pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tingkat kabupaten pada tahun ini.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispar Kukar, Sugiarto, Pokdarwis kabupaten akan memiliki peran penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat lokal untuk menjaga kelestarian lingkungan, budaya, dan warisan lokal, serta untuk mengelola destinasi wisata secara berkelanjutan.

Selain itu, Pokdarwis tingkat kabupaten juga akan berperan sebagai koordinator antara pemerintah daerah, Pokdarwis tingkat kecamatan, dan masyarakat lokal untuk mengidentifikasi potensi wisata, mengembangkan produk wisata, dan mempromosikan destinasi wisata secara efektif.

Saat ini, Pokdarwis di setiap desa di Kukar berjalan secara terpisah, sehingga dibutuhkan koordinasi yang lebih baik melalui Pokdarwis tingkat kabupaten untuk pembangunan pariwisata yang lebih baik di Kukar.

“Kami berupaya untuk membentuk Pokdarwis tingkat kabupaten pada tahun 2024. Kami berharap semua pihak dapat mendukung agar rencana ini dapat berjalan dengan lancar,” ujar Sugiarto.

Dengan terbentuknya Pokdarwis kabupaten, diharapkan akan terjadi kolaborasi yang lebih erat antara berbagai pihak dalam pengembangan pariwisata di Kukar. Hal ini diharapkan akan membuat pengembangan pariwisata menjadi lebih terarah, berkelanjutan, dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

“Saya berharap pembentukan Pokdarwis ini dapat memudahkan komunikasi antar pihak terkait. Langkah ini juga sejalan dengan instruksi Bupati Kukar, Edi Damansyah, yang meminta Dispar Kukar untuk mendukung dan memenuhi keinginan kelompok sadar wisata,” tambahnya.

Penulis : Reihan Noor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram