Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
Foto : Upacara pembukaan Kukar Festival Budaya Nusantara atau KFBN berlangsung meriah di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Senin (8/7/2024), Kalimantan Timur.

Seni, Budaya, dan Ekonomi Lokal di Acara Kukar Festival

Bebaca.id, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Pariwisata menargetkan transaksi ekonomi senilai Rp4 miliar selama enam hari pelaksanaan event Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN) Kedua Tahun 2024.

Lebih dari 5 ribu pengunjung diperkirakan akan memadati Kota Raja Tenggarong untuk menikmati beragam atraksi di tiga lokasi utama: Halaman Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong, Amphitheater Taman Kota Raja, dan Lapangan Basket Timbau. Selain berbelanja di Expo KFBN II, para pengunjung, baik dari lokal maupun luar Kukar, juga diprediksi akan mendukung perekonomian pedagang kecil dan UMKM di Tenggarong serta pedagang musiman yang berjualan di sekitar venue festival.

Sekda Kukar, Sunggono, dalam pembukaan KFBN di Stadion Rondong Demang Tenggarong, mengungkapkan optimisme bahwa target transaksi ini dapat tercapai, mengingat tingginya antusiasme warga terhadap acara kesenian dan kebudayaan.

“Kita melihat masyarakat begitu antusias untuk datang menyaksikan acara pembukaan sehingga optimis sekali nilai transaksi ekonomi akan mencapai target yang diharapkan,” kata Sunggono.

Ia juga mengajak masyarakat Kalimantan Timur untuk datang dan meramaikan KFBN II serta menikmati penampilan seni budaya dari peserta yang berasal dari berbagai daerah, termasuk luar Provinsi Kaltim.

KFBN 2024 akan diikuti oleh 15 kelompok paguyuban dengan 40 kelompok seni dari 16 kecamatan di Kutai Kartanegara, seperti Muara Jawa, Loa Janan, Sebulu, Loa Kulu, Muara Muntai, Kota Bangun, Muara Badak, Kota Bangun Darat, Muara Wis, Samboja Barat, Anggana, Marangkayu, Muara Kaman, Kenohan, Tenggarong, dan Samboja.

Selain itu, Pemkab Kukar melalui Dispar juga menargetkan 5 ribu viewer yang akan mengakses tayangan KFBN secara online melalui platform digital Instagram, Facebook, dan YouTube Dinas Pariwisata “Visiting Kutai Kartanegara”. Upaya ini diharapkan dapat memperluas promosi festival lewat media daring.

Penulis : Reihan Noor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram