Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Forum SATUNUSA Dukung Ir Seno Aji Duduki Kursi Wagub Kaltim
Foto: Forum SATUNUSA (Sahabat Bersatu, Nahdliyyin untuk Seno Aji) Kalimantan Timur (Kaltim).
Foto: Forum SATUNUSA (Sahabat Bersatu, Nahdliyyin untuk Seno Aji) Kalimantan Timur (Kaltim).

Forum SATUNUSA Dukung Ir Seno Aji Duduki Kursi Wagub Kaltim

Samarinda – Forum SATUNUSA (Sahabat Bersatu, Nahdliyyin untuk Seno Aji) Kalimantan Timur (Kaltim) secara resmi telah mendeklarasikan dukungannya kepada Ir Seno Aji untuk menjadi wakil gubernur periode 2025-2030.

Deklarasi ini sebagai bentuk kesadaran akan pentingnya partisipasi warga nahdliyyin dalam politik lokal. Dukungan ini didasarkan dengan berbagai macam pertimbangan strategis dan representatif yang diyakini oleh para anggota Forum SATUNUSA Kaltim.

Ketua Forum SATUNUSA Kaltim, Herman A Hasan, membeberkan alasan dibalik mereka memilih Ir Seno Aji untuk maju menjadi Wakil Gubernur Kaltim priode selanjutnya.

Dekat dengan Warga Nahdliyyin
Ir Seno Aji merupakan satu-satunya kandidat bakal calon Gubernur Kaltim yang benar-benar dekat dengan Nahdliyyin dan representatif sebagai perwakilan dari NU.

“Kebetulan kenapa memilih Seno Aji, karena dari sekian kandidat yang betul-betul dekat dan representatif sebagai perwakilan atau kader dari NU, ya hanya Ir Seno Aji,” ujarnya.

Latar Belakang yang Kuat di NU
Latar belakang yang kuat di NU juga menjadi salah satu alasan Ir Seno Aji didukung secara penuh oleh warga nahdliyyin untuk menduduki posisi KT2 diperiode selanjutnya.

Ir Seno Aji pernah menjabat sebagai Pembina GP Ansor di Kaltim, yakni sebuah organisasi kepemudaan yang bernaung di bawah NU. Tak hanya itu, dia juga didaulat sebagai penasehat di Lembaga Pertanian NU.

Pengalaman ini menunjukkan bahwa Ir Seno Aji memiliki pemahaman mendalam tentang nilai-nilai dan kebutuhan warga nahdliyyin yang ada di Bumi Kalimantan.

“Beliau ini punya latar belakang keterlibatan di organisasi-organisasi NU seperti Pembina GP Ansor dan penasehat di Lembaga Pertanian NU. Jadi sangat wajar jika kami mendukung pembina dan penasehat kami,” bebernya.

Menghindari Kekecewaan dan Maksimalkan Peran Kader NU
SATUNUSA melihat bahwa selama ini, warga NU sering kali hanya dimanfaatkan saja ketika momen perpolitikan berlangsung. Baik itu saat pemilu, pilkada maupun pileg.

Warga NU hanya didekati saat momentum itu, namun kemudian dilupakan dan ditinggalkan begitu saja setelah kemenangan mereka telah tercapai.

Maka itu, dukungan untuk Ir Seno Aji adalah mutlak dan untuk menghindari kekecewaan yang selama ini dialami warga NU. Dengan dukungan ini, SATUNUSA ingin memastikan bahwa kader NU dapat berperan signifikan dan tidak hanya digunakan saat pemilu saja.

“Biasanya NU dipakai saat pemilu saja, orang-orang NU dicari, kemudian pada saat sudah menang dan sukses, kita malah dilupakan dan ditinggalkan. Sekarang kita ingin kader NU ini benar-benar berperan secara maksimal, tidak lagi menjadi sebagai ‘pendorong mobil mogok’,” tegasnya.

Komitmen Moral dan Kepemimpinan yang Mumpuni
Perlu diketahui bahwa dukungan tersebut tak berbicara soal materi, tapi juga komitmen moral. SATUNUSA yakin bahwa Ir Seno Aji memiliki kapasitas yang mumpuni untuk memimpin daerah tercinta, Provinsi Kaltim.

“Kami tidak bicara soal materi lebih lanjut, tapi ketika kita yakin kader ini dipersembahkan untuk Kaltim, paling tidak ada tanggung jawab moral disitu, kader NU ini punya kapasitas yang mumpuni untuk memimpin daerah,” katanya.

Memastikan Kepemimpinan Berintegritas
Dalam deklarasi itu, SATUNUSA menegaskan bahwa mereka percaya Ir Seno Aji mampu memimpin dengan prinsip amanah, kejujuran, dan keberanian. Mereka berkomitmen untuk terlibat aktif dalam setiap tahapan Pilkada 2024 dengan cara-cara yang santun, damai, dan bermartabat.

“Kami yakin beliau mampu memimpin dengan prinsip amanah, kejujuran, dan keberanian. Kami berkomitmen untuk terlibat aktif dalam setiap tahapan Pilkada tahun 2024 mulai dari kampanye hingga pemilihan dengan cara-cara yang santun, damai, dan bermartabat,” jelas Herman.

Konsolidasi Warga Nahdliyyin di Bumi Etam
Setelah deklarasi ini, Forum SATUNUSA akan melakukan konsolidasi secara menyeluruh di Kaltim untuk mendukung Ir Seno Aji. Meski, secara formal kelembagaan, para anggotanya belum dikukuhkan, SATUNUSA Kaltim sudah mengkonsolidasikan anggotanya di setiap daerah.

“Basis-basis NU dan struktur NU di seluruh Kaltim akan saling berkomunikasi, dari tingkat cabang sampai ranting. Kita rapatkan barisan,” tuturnya.

Jalin Hubungan Emosional Baik dengan Warga Nahdliyyin
Kedekatan emosional yang terjalin cukup baik dengan warga nahdliyyin diakui Ir Seno Aji sebagai pemicu deklarasi ini terlaksana pada Minggu (30/6/2024) di Warkop Bagios jalan KH Abdurrasyid.

“Saya yakin ini akan menjadi gerbong yang besar, pergerakan kaum nahdliyyin ini cukup solid. Tidak menutup kemungkinan juga, saya akan merangkul organisasi keagamaan lain seperti Muhamadiyah, Pemuda Katolik dan lain sebagainya. Semuanya akan kita rangkul,” terangnya.

“Mereka akan berperan secara aktif, entah itu di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan program UMKM. Ini untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan kepada mereka. Kita akan dukung untuk mewujudkan Kaltim Emas 2024 bersama bapak Rudy Mas’ud,” tutupnya.

Isi Deklarasi Forum SATUNUSA Kaltim
Kami berkomitmen untuk mendukung dan mensolidkan seluruh komponen Nahdliyyin dalam rangka memilih Ir Seno Aji sebagai Wakil Gubernur Kaltim pada Pilkada 2024.

Dengan ini kami menyatakan, bahwa kami percaya bahwa persatuan dan kebersamaan adalah kunci utama dalam menghadapi tantangan zaman dan membangun masa depan Kaltim yang lebih baik.

Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk terus menjaga solidaritas dan kekompakan di antara seluruh warga Nahdliyyin dan seluruh warga masyarakat Kaltim pada umumnya.

Kami meyakini bahwa Ir Seno Aji adalah sosok pemimpin yang memiliki visi dan integritas untuk membawa Kaltim menuju kemajuan yang berkelanjutan.

Dengan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah adalah yang beliau junjung tinggi. Kami yakin beliau mampu memimpin dengan prinsip amanah, kejujuran dan keberanian

Kami berkomitmen untuk terlibat aktif dalam setiap tahapan Pilkada tahun 2024, mulai dari kampanye hingga pemilihan dengan cara-cara yang santun, damai dan bermartabat.

Kami akan bekerja sama dengan semua pihak untuk memastikan proses demokrasi yang bersih, adil dan transparan.

Kami yakin beliau mampu mewujudkan kebangkitan Kaltim yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan kebangsaan serta memajukan kesejahteraan seluruh rakyat Kaltim.

Kami mohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungannya kepada Ir Seno Aji, serta pada seluruh warga negeri dalam ikhtiar ini. Semoga upaya kita diberkahi dan diridhai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram