Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Relokasi Pedagang Pasar Tangga Arung Dimulai, Sewa Lapak Akan Digratiskan Sementara
Foto: Sejumlah pedagang Pasar Tangga Arung secara bertahap mulai menempati lapak barunya di lokasi pasar sementara. Namun, mayoritas dari mereka masih belum membawa barang dagangannya.
Foto: Sejumlah pedagang Pasar Tangga Arung secara bertahap mulai menempati lapak barunya di lokasi pasar sementara. Namun, mayoritas dari mereka masih belum membawa barang dagangannya.Foto: Sejumlah pedagang Pasar Tangga Arung secara bertahap mulai menempati lapak barunya di lokasi pasar sementara. Namun, mayoritas dari mereka masih belum membawa barang dagangannya.

Relokasi Pedagang Pasar Tangga Arung Dimulai, Sewa Lapak Akan Digratiskan Sementara

Bebaca.id, TENGGARONG- Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah menyampaikan bahwa pihaknya telah meminta Sekretaris Daerah (Sekda) untuk menggratiskan biaya listrik, air, dan sewa lapak bagi pedagang Pasar Tangga Arung yang direlokasi sementara ke eks Lapangan Pemuda.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara Sunggono, bahwa pihaknya telah menerima intruksi dari Bupati Kukar untuk menggratiskan biaya sewa lapak selama 6 bulan.

“Hal ini dilakukan Pemkab Kukar untuk menepis kekhawatiran pedagang Pasar Tangga Arung yang merasa omzetnya turun apabila direlokasi ke eks Lapangan Pemuda sebulum Hari Raya Idhul Fitri,” kata Sunggono.

Sejumlah pedagang saat ini mulai menempati lapak barunya dilokasi sementara. Namun, rata-rata dari mereka masih banyak yang belum membawa barang dagangannya.

Relokasi tersebut dilakukn setelah pemkab Kukar rampung melakukan sosialisasi dan pengundian lapk. Hal ini sesuai dengan kesepkatan rapat koordinasi yang dilakukan pemkab bersama Forum Pedagang Kaki Lima dan Pasar (FPKLP) beberapa waktu lalu.

“Relokasi pedagang pada tahap pertama akan memobilisasi 368 dari 703 pedagang. Untuk seluruh pedagang di Pasar Tangga Arung memang dilaksanakan secara bertahap. Termasuk untuk pemindahan yang sudah dimulai sejak Minggu kemarin,” jelasnya.

Pemkab telah menargetkan, bahwa relokasi pedagang ini akan selesai pada 10 maret mendatang. Guna mempercepat realisasi tersebut, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga diminta untuk membantu proses mobilisasi pedagang ke pasar sementara.

Pemindahan pedagang ini juga akan dilakukan sesuai komoditas barang jualan. Di antaranya pedagang makanan, konter handphone, pedagang sembako, pedagang emas dan pedagang pernak-pernik,” terangnya kepada wartawan.

Sunggono berharap, relokasi Pasar Tangga Arung ke pasar sementara di eks Lapangan Pemuda tersebut tidak menimbulkan gesekan antar pedagang agar pemindahan bisa berjalan sesuai rencana dan tertib.

“Sisa pemindahan pedagang akan kita bicarakan lagi, sekarang Pasar Mangkurawang 2 juga sudah kita perbaiki, dan rencananya sisanya dipindah ke sana,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram