Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Pemdes Loh Sumber Optimis Tingkatkan SDM Dalam Sektor Petani
Foto: ILUSTRASI- Pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Foto: ILUSTRASI- Pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pemdes Loh Sumber Optimis Tingkatkan SDM Dalam Sektor Petani

Bebaca.id, TENGGARONG- Desa Loh Sumber memiliki sektor pertanian yang terkenal di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Namun, banyaknya pemuda yang setelah lulus cenderung memilih bekerja di perusahaan tambang atau sawit.

Kepala Desa (Kades) Loh Sumber Sukirno mengatakan, bahwa pihaknya berencana untuk mengubah pandangan pemuda agar terjun bekerja menjadi petani milenial.

“Kami akan melakukan peningkatan infrastruktur pertanian untuk meningkatkan produktivitas petani. Hal tersebut dilakukan untuk menyambut masa yang akan datang dan ditetapkannya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kaltim,” kata Sukirno.

Selain itu, Desa tersebut juga memiliki inisiatif seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama yang memproduksi beras khas Kukar serta programSinar Purnama yang memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada petani.

Pihaknya berharap, pertanian tersebut dapat dijadikan tolak ukur untuk memberikan penghasilan dengan nilai tinggi bagi petani. Karena, ia optimis bahwa pertanian di Desa Loh Sumber akan semakin berjaya.

“Nantinya akan ada urbanisasi dan persiapan seperti SDM yang menjadi pemilik lahan sangat penting untuk dimatangkan. Kami akan komitmen untuk menjadikan pertanian sebagai pilar ekomomi yang kuat dan berkontribusi untuk masa depan,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram