Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Alimin Ajak Dispar dan Pemkab Kukar Kolaborasi Untuk Kembangkan Wisata Pela
Foto : Suasana keseruan susur danau di Desa Pela (Istimewa)
Foto : Suasana keseruan susur danau di Desa Pela (Istimewa)

Alimin Ajak Dispar dan Pemkab Kukar Kolaborasi Untuk Kembangkan Wisata Pela

Bebaca.id, Tenggarong – Wisata di Desa Pela yang terletak di Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sukses menarik kunjungan wisatawan dari manca negara.

Wisata tersebut berhasil menjadi destinasi favorit masyarakat. Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, Alimin mengatakan bahwa yang ditawarkan dalam wisata tersebut yakni menyaksikan Pesut Mahakm berenang di habitatnya.

“Jumlah pengunjung terus meningkat dari lebaran hingga hari minggu kemarin. Pada hari lebaran pengunjung ada di kisaran 200-300 orang, sedangkan hari berikutnya mencapai 500 orang,” kata Alimin.

Ia menyampaikn, bahwa rata-rata pengunjung yang datang berasal dari berbagai daerah, diantaranya Kota Bangun, Tenggarong, Balikpapan hingga Samarinda.

Pihaknya juga menyiapkan paket trip, mulai dari suaur Danau Semayang, Desa Liang Ulu dengan kapal ke perairan Desa Pela yang dibandrol dengan tarif Rp400 ribu per kapal dan bisa menampung 15-20 orang.

Selain itu, ada paket keliling danau yang sama bagi pengunjung yang langsung datang ke Desa Pela dengan kendaraan. Tentunya, ongkosnya lebih murah yaitu sebesar Rp200 ribu per kapal.

“Jika beruntung, pengunjung bisa betemu kawanan pesut saat susur danau,” terangnya kepada Bebaca.id Selasa (16/4) kemarin.

Pengunjung juga bisa menginap di Desa Pela. Hal ini karena terdapat fasilitas berupa homestay di objek wisata tersebut. Dan untuk biaya menginap per malam yakni Rp200 ribu per orang, sudah termasuk tiga kali makan.

Selain itu, di Desa Pela pengunjung juga bisa menghampiri museum nelayan yang edukatif serta menghibur. Kemudian, terdapat sepeda yang disewakan untuk menyusuri desa, terutama di sekitar jembatan ulin. 

”Harapan kami adalah agar Pemerintah Kabupaten Kukar maupun Dinas Pariwisata dapat terus berkolaborasi dengan kami untuk pengembangan Wisata Pela ke depan,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram