Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Air Mengalir Deras, Petani Kukar Tak Lagi Ketar-Ketir Hadapi Kemarau Berkat Pipa Panjang 2 Km
Foto : Kepala Distanak Kukar, Muahammad Taufik (Istimewa)
Foto : Kepala Distanak Kukar, Muahammad Taufik (Istimewa)

Air Mengalir Deras, Petani Kukar Tak Lagi Ketar-Ketir Hadapi Kemarau Berkat Pipa Panjang 2 Km

TENGGARONG – Musim kemarau kerap menjadi momok menakutkan bagi para petani. Bagaimana tidak, lahan tadah hujan yang menjadi andalan mereka tak kuasa menahan teriknya sinar matahari. Alhasil, kekeringan pun mengancam hasil panen.

Namun, para petani di Desa Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bisa bernapas lega. Pasalnya, kekhawatiran tersebut bakal teratasi berkat program pipanisasi yang digagas Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar.

Kepala Distanak Kukar, Muhammad Taufik, mengatakan program ini merupakan instruksi langsung dari Bupati Kukar, Edi Damansyah. Program ini dijalankan dengan menggandeng Balai Wilayah Sungai (BWS) Wilayah IV Kalimantan.

“Ini kita lagi menggeser anggaran yang ada untuk menuntaskan program pipanisasi ini,” ujar Taufik, Sabtu (25/5/2024).

Sebagai langkah awal, pada tahun 2023 lalu BWS Wilayah IV Kalimantan telah menyediakan pompa air. Distanak Kukar kemudian tak tinggal diam dengan memasang pipa sepanjang 700 meter untuk mengalirkan air ke sawah-sawah di Desa Rapak Lambur.

Melihat dampak positif yang dihasilkan, Distanak Kukar tak lantas berpuas diri. Di tahun 2024 ini, mereka berencana melanjutkan program pipanisasi dengan memasang pipa sepanjang 2 kilometer. Harapannya, seluruh lahan pertanian di Desa Rapak Lambur bisa mendapatkan aliran air yang cukup.

“Dengan program ini, semoga petani bisa melanjutkan kegiatan pertanian mereka dengan lebih baik,” imbuhnya.

Selain mengatasi persoalan air, program pipanisasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Desa Rapak Lambur.

“Inovasi ini menjadi bukti nyata komitmen Distanak Kukar dalam menjaga ketahanan pangan di Kukar,” pungkasnya. (Adv/DiskominfoKukar)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram