Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Wujudkan Impian Konektivitas Mulus, Kukar Gelontorkan Dana Rp49 Miliar
Foto: Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin. (Istimewa)
Foto: Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin. (Istimewa)

Wujudkan Impian Konektivitas Mulus, Kukar Gelontorkan Dana Rp49 Miliar

TENGGARONG – Masyarakat Muara Muntai, Kutai Kartanegara (Kukar) Impian untuk memiliki jalan dan jembatan yang mulus bakal segera terwujud.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar menggelontorkan dana tak tanggung-tanggung, yaitu Rp49 miliar, untuk membenahi infrastruktur di wilayah tersebut. Dana ini merupakan bagian dari program Kukar Idaman yang menyasar 20 kecamatan, termasuk Muara Muntai. Diharapkan, program ini dapat diselesaikan tahun ini.

“Saya harap anggaran ini terserap dengan baik dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, saat Safari Ramadhan di Muara Muntai, Minggu (24/3/2024).

Perbaikan infrastruktur prioritas untuk konektivitas makin lancar maka dari itu alokasi dana tersebut akan difokuskan pada beberapa proyek prioritas, antara lain: Peningkatan Jalan Oloy menuju Muara Muntai dengan anggaran Rp14 miliar. Penataan jalan-jalan di Muara Muntai dipermak dengan dana Rp5 miliar. Pembangunan empat jembatan dengan anggaran Rp7 miliar. Semenisasi Jalan Ulin menghubungkan beberapa kampung, termasuk akses Muara Leka dan Aloh, dengan anggaran Rp7 miliar.

Perbaikan infrastruktur ini bukan hanya untuk memperlancar mobilitas warga, tetapi juga diharapkan dapat mendongkrak ekonomi Muara Muntai.

“Jalan dan jembatan yang baik merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Mendukung IKN, Kukar Tak Lupakan Pengembangan Sektor Pertanian. Bersamaan dengan program konektivitas, Pemkab Kukar juga fokus pada pengembangan sektor pertanian di Muara Muntai. Hal ini sejalan dengan visi Kukar sebagai lumbung pangan bagi Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Bukan hanya infrastruktur, kami juga terus menggenjot program pertanian, seperti persawahan, perkebunan, peternakan, dan perikanan,” kuncinya. (Adv/DiskominfoKukar)

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram