Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Pemkab Terbitkan SK Bupati Kukar Tentang Pencanangan Kawasan Konservasi Perairan
Foto : Sekkab Kukar, Sunggono saat menghadiri penandatanganan perjanjina kejadama dengan Ditjen Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan RI (Istimewa)

Pemkab Terbitkan SK Bupati Kukar Tentang Pencanangan Kawasan Konservasi Perairan

Bebaca.id, Tenggarong – Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus menjaga Kelestarian satwa endemik Pesut Mahakam. Salah satu keseriusan itu didukung dengan sinergitas yang terus di bangun dengan berbagai pihak.

Pemkab Kukar juga telah menandatangai perjanjian kerjasama dengan Direktorat Jenderan (Ditjen) Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI) terkait pengelolaan kawasan konservasi di perairan Mahakam wilayah hulu Kukar, pada Selasa (28/5/24) kemarin.

Penandatanganan kerjasama ini dijelaskannya, merupakan bukti serius perhatian pemerintah dalam melakukan perlindungan terhadap kelangsungan hidup dan habitat Pesut Mahakam yang merupakan satwa endemik Sungai Mahakam.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen penuh Pemkab Kukar dalam mewujudkan hadirnya Kawasan Konservasi Khusus Pesut Mahakam telah ditunjukan sejak lama.

Di samping itu, Pemkab Kukar juga telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati Kukar Nomor 75 Tahun 2020, tentang pencanangan kawasan konservasi perairan habitat Pesut Mahakam.

“Ke depan juga perlu ada koordinasi dan kerjasama dengan kabupaten ataupun kota lain untuk merealisasikan perlindungan kawasan konservasi Pesut Mahakam. Agar pola perlindungan dan pengawasan wilayah konservasi bisa sinergi dan terkoordinasi dengan baik,” jelas Sunggono.

Mengingat kawasan konservasi tersebut tidak hanya ada di Kukar. Sungai Mahakam melintasi beberapa Kabupten di Kalimantan Timur (Kaltim). Sunggono mengatakan, wilayah yang masuk ke dalam kawasan konservasi wilayah Mahakam Hulu selain Kukar di antaranya adalah, Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahaka Ulu.

“Jadi kita memang perlu membangun kerjasama dalam menjaga wilayah konservasi tersebut,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram