Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Permata Tersembunyi di Balik Rimbunnya Pepohonan Loa Janan
Foto : Desa Tani Bhakti Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara

Permata Tersembunyi di Balik Rimbunnya Pepohonan Loa Janan

Bebaca.id, TENGGARONG – Tersembunyi di balik rimbunnya pepohonan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kecamatan Loa Janan, sebuah permata agrowisata yang memikat hati wisatawan: Desa Tani Bhakti.

Setiap tahunnya, ribuan pengunjung berbondong-bondong datang untuk menikmati pengalaman unik memetik buah dan sayuran segar langsung dari kebun, bersantai di gazebo-gazebo yang nyaman, dan berfoto ria di taman bunga yang memesona.

Agrowisata Swargo Tani, begitu nama tempat ini, telah menjadi kebanggaan Desa Tani Bhakti. Berada di lahan seluas 5 hektar, pengunjung dapat menemukan beragam varietas buah unggul seperti melon golden dan semangka kuning, serta sayuran segar seperti cabai, kacang panjang, sawi, bunga kol, mentimun, dan banyak lagi.

Tidak hanya itu, Agrowisata Swargo Tani juga menawarkan pengalaman unik dengan rumah walet dan madu klulutnya. Gazebo-gazebo yang tersebar di seluruh area menyediakan tempat bersantai yang ideal, sementara taman bunga yang penuh warna menjadi spot foto favorit, terutama bagi para ibu-ibu yang gemar berswafoto.

“Setiap tahunnya ada ribuan pengunjung yang datang ke Agrowisata Swargo Tani,” Kata Kepala Desa Tani Bhakti, Muhammad Amin, dengan bangga.

Menurut Amin, kesuksesan agrowisata ini adalah hasil kerja keras masyarakat desa dan dukungan berbagai pihak, termasuk program CSR PT Insani Bara Perkasa yang beroperasi di wilayah tersebut.

Desa Tani Bhakti tak berhenti sampai di situ. Mereka berencana memperluas daya tarik agrowisata dengan menambah perkebunan buah anggur pada tahun 2024.

“Kami fokus pada pengembangan buah anggur tahun ini,” tambahnya.

Untuk mewujudkan rencana ini, desa telah mengajukan proposal pembangunan Greenhouse kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Greenhouse ini penting untuk melindungi perkebunan buah anggur dari hama dan penyakit, sehingga produksi buahnya bisa optimal,” tutupnya.

Dengan berbagai upaya pengembangan ini, Desa Tani Bhakti berkeinginan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadikan desa mereka sebagai salah satu tujuan wisata utama di Kalimantan Timur.

Penulis : Reihan Noor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram