Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Dedikasi Achmadi Membawa Taman Gubang ke Puncak Prestasi
Foto : Dedikasi Achmadi, Peraih ATWI Pengelola Taman Gubang di Kukar

Dedikasi Achmadi Membawa Taman Gubang ke Puncak Prestasi

Bebaca.id, TENGGARONG – Di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), tersembunyi sebuah oasis hijau yang menakjubkan bernama Wisata Taman Gubang.

Namun, yang membuat tempat ini benar-benar istimewa adalah kisah inspiratif dari Achmadi, sang pengelola. Berkat dedikasinya, Taman Gubang tidak hanya memukau dengan keindahannya, tetapi juga berhasil meraih penghargaan bergengsi Anugerah Tempat Wisata Idaman (ATWI) 2023 untuk kategori Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan dari Bupati Kukar.

“Awalnya cuma coba-coba, eh malah juara 1 ATWI,” ujar Achmadi.

Dedikasi dan kegigihannya saat mengubah Taman Gubang menjadikannya lebih dari sekadar destinasi wisata. Achmadi tidak hanya menghadirkan wahana rekreasi, tetapi juga melakukan pembersihan lingkungan di sekitarnya.

“Awalnya kotor, banyak rumput di danau ini. Jadi, saya berinisiatif untuk membersihkannya. Sekarang sudah bersih, karena kita selalu menjaga kebersihan danau ini,” jelasnya.

Komitmen Achmadi dalam menjaga kelestarian alam tak hanya menciptakan lingkungan yang indah, tetapi juga membuka peluang kerja bagi warga setempat.

“Ada 15 pekerja di sini, semuanya penduduk sekitar,” tambahnya.

Kreativitas dan kegigihannya tidak berhenti di situ. Achmadi membangun dermaga di Taman Gubang, menarik investasi dari pemilik perahu tradisional Kutai. Sistem bagi hasil diterapkan, menguntungkan kedua belah pihak.

“Saat ini kita punya enam kapal, semua dimiliki oleh orang lain, dan kita menerapkan sistem bagi hasil,” paparnya.

Selain mengelola kapal, Achmadi juga mendirikan kedai makanan dan minuman di dermaga, serta menyediakan hiburan karaoke bagi pengunjung.

“Pendapatan bersih saya bisa mencapai Rp 20 jutaan per bulan. Itu sudah diluar gaji untuk karyawan, bersihnya segitu. Tapi itu kita gunakan lagi untuk perawatan dan lain-lain,” tuturnya.

Kisah sukses Taman Gubang menjadi inspirasi bagi pengelola wisata lainnya. Achmadi berharap prestasinya dapat memotivasi lebih banyak orang untuk berperan aktif pada pembangunan daerah.

Taman Gubang bukan hanya tempat wisata, tetapi juga cerminan semangat juang Achmadi dalam membangun daerahnya dan menginspirasi orang lain.

Penulis : Reihan Noor

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram