Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Kabid Dispar Kukar Sebut Pantai Tanah Merah Menjadi Penyumbang PAD Terbesar
Foto : Suasana kunjungan wisatawan di Pantai Tanah Merah Samboja (Istimewa)
Foto : Suasana kunjungan wisatawan di Pantai Tanah Merah Samboja (Istimewa)

Kabid Dispar Kukar Sebut Pantai Tanah Merah Menjadi Penyumbang PAD Terbesar

Bebaca.id, Tenggarong – Selama libur lebaran jumlah kunjungan wisatawan yang berkunjung ke seluruh destinasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mencapai 21.392 kunjungan. Hal ini berdasarkan data dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pariwisata, Dinas Pariwisata Kukar, Ridha Fatrianta mengatakan, Pantai Tanah Merah tercatat menjadi penyumbang terbanyak Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemkab Kukar.

“Jumlah kunjungan tersebut berhasil menyumbangkan PAD sebesar Rp218.810.000 dari biaya retribusi parkir dan tiket masuk. Selama ini, untuk penyumbang PAD Kukar terbesar masih dipegang oleh Pantai Tanah Merah yang ada di Samboja,” kata Ridha.

Pendapatan Pantai Tanah Merah ini mengungguli wisata Pulau Kumala, Waduk Panji Tenggarong dan Planetarium Jagad Raya Tenggarong. Hal tersebut karena banyaknya jumlah kunjungan wisatawan kesana.

Selain itu, tidak hanya objek wisata yang dikelola pemerintah yang memberikan sumbangan, namun yang dikelola swasta pun turut memberikan pemasukan daerah melalui kontribusi pajak ke Badan Pendapatan Daerah Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

“Tentunya kami berterima kasih kepada pengelola wisata swasta yang turut andil dalam meningkatkan PAD Kukar,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram