Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Pemdes Muara Muntai Ilir Berupaya Wujudkan Masyarakat Kukar Yang Sejahtera
Foto : Kepala Desa Muara Muntai Ilir Arifadin Nur (Istimewa)
Foto : Kepala Desa Muara Muntai Ilir Arifadin Nur (Istimewa)

Pemdes Muara Muntai Ilir Berupaya Wujudkan Masyarakat Kukar Yang Sejahtera

Bebaca.id, Tenggarong – Pemerintah Desa (Pemdes) Muara Muntai Ilir, Kecamatan Muara Muntai berupaya untuk menyalurkan bantuan berupa alat tangkap ikan bagi warga yang mayoritas sebagai nelayan.

Kepala Desa (Kades) Muara Muntai Ilir Arifadin Nur mengatakan, bahwa bantuan tersebut diberikan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena, program tersebut sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2021-2026 di bawah kepemimpinan Edi Damansyah dan Rendi Solihin.

“Program ini telah berjalan hampir dua tahun, dan telah memberikan dampak positif. Dengan bantuan bibit dan keramba,” kata Arifadin.

Pada tahun 2024 ini, pihaknya akan memastikan bahwa program bagi nelayan akan berlanjut. Bantuan yang akan disalurkan diantaranya yakni, bibit, pakan, hingga keramba. Selain itu, bibit dan pakan berjenis ikan mas serta nila dan sekitar 40 kotak keramba ikan.

Program meningkatkan kesejahteraan rakyat tidak hanya menyasar nelayan, namun juga RT dan perangkat desa. Dalam waktu dekat Pemdes Muara Muntai Ilir akan melaksanakan program peningkatan kapasitas para Ketua RT dan perangkat Desa.

Pihaknya akan berkolaborasi dengan salah satu desa di pulau Jawa, untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Desa Muara Muntai Ilir.

“Dengan status Desa Mandiri, kami tetap akan berupaya meningkatkan ekonomi kerakyatan demi kesejahteraan masyarakat. Desa Mandiri bukan hanya mandiri dalam infrastruktur, tetapi juga dalam peningkatan penghasilan tanpa bantuan,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram