Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
KFBN 2024 Akan Tampilkan Berbagai Ragam Kesenian Nusantara Dari Berbagai Daerah
Foto : Kabid Pembinaan Industri Pariwisat, Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro (Istimewa)

KFBN 2024 Akan Tampilkan Berbagai Ragam Kesenian Nusantara Dari Berbagai Daerah

Bebaca.id, Tenggarong – Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Industri Pariwisat, Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Antoni Kusbiantoro menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar akan kembali menggelar Kukar Festival Budaya Nusantara (KFBN).

Sebelumnya, event tersebut dikenal dengan Tenggarong International Folk Arts Festival (TIFAF) itu, rencananya akan dilaksanakan pada 8 hingga 13 Juli 2024.

Event tersebut akan menampilkan berbagai ragam kesenian Nusantara dari berbagai daerah. Hal tersebut sebagai wujud keseriusan Pemkab Kukar dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya tradisional.

Dalam kegiatan KFBN 2024, pihaknya akan melibatkan partisipasi dari 23 kelompok paguyuban, 53 sanggar seni dari 20 kecamatan di Kukar dan akan mengundang perwakilan dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur (Kaltim) dan 20 provinsi di Indonesia.

Selain itu, pada rangkaian kegiatan ini akan dibagi menjadi beberapa titik pelaksanaan kegiatan yang tersebar di beberapa tempat. Mulai dari Taman Kota Raja, Amphitheater Tenggarong, hingga Halaman Parkir Stadion Rondong Demang.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat mempertahankan dan melestarikan budaya lokal di tengah maraknya budaya global saat ini,” kata Antoni, Sabtu (25/5/2024) kemarin.

Pihaknya telah mulai mengidentifikasi para peserta yang akan diundang untuk berpartisipasi dalam KFBN 2024. Beberapa sanggar seni pun telah mengkonfirmasi kesiapannya untuk berpartisipasi dalam event tersebut.

“Kami berharap KFBN tahun ini tidak hanya melestarikan kebudayaan yang ada di Kukar dan Indonesia, tetapi juga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram