Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Gantikan Mahfud MD, Presiden Tunjuk Tito Karnavian jabat Plt Menko Polhukam
Tito Karnavian. (Istimewa)
Tito Karnavian. (Istimewa)

Gantikan Mahfud MD, Presiden Tunjuk Tito Karnavian jabat Plt Menko Polhukam

Jakarta – Presiden Joko Widodo secara tegas mengambil langkah signifikan dalam kabinet Indonesia Maju, yakni dengan melakukan penandatanganan Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 pada tanggal 2 Februari 2024.

Keputusan ini mencakup 2 hal utama, antara lain pemberhentian dengan hormat Mahfud MD dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) serta penunjukan Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menko Polhukam.

Maka atas keputusan itu, menandai akhir dari periode kepemimpinan Mahfud MD di dalam kabinet Indonesia Maju dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pernyataan resmi ini disampaikan langsung oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, dalam keterangan tertulis seperti yang dikutip dari Kompas.com, pada Jumat (2/2/2024).

“Presiden telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 20/P tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat bapak Mahfud MD sebagai Menkopolhukam,” ujarnya.

Pengunduran diri Mahfud MD diakui sebagai langkah sukarela, yang dipandang sebagai upaya menghindari konflik kepentingan di tengah statusnya sebagai calon wakil presiden nomor urut 03.

Sementara itu, Keputusan Presiden juga menegaskan peran baru yang akan diemban oleh Tito Karnavian. Sebagai Plt, nantinya Tito Karnavian diberi wewenang dan tanggung jawab sebagai Menko Polhukam di Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Penunjukan ini menjadi langkah interim hingga adanya penggantian definitif untuk posisi Menko Polhukam.

“Serta penunjukan Bp. Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menkopolhukam Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Sampai adanya Menkopolhukam definitif,” tegasnya.

Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024 menciptakan perubahan struktural yang signifikan di jajaran pemerintahan. Kejelasan dalam keputusan ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjaga stabilitas dan efektivitas di tingkat kabinet.

Dalam konteks perubahan ini, Tito Karnavian diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan sesuai dengan tanggung jawabnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram