Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Klaim Berhasil Raih Kursi Terakhir Senayan, PAN Kaltim akan Kawal hingga Tuntas
Partai Amanat Nasional (PAN) Kaltim. (Ilustrasi)
Partai Amanat Nasional (PAN) Kaltim. (Ilustrasi)

Klaim Berhasil Raih Kursi Terakhir Senayan, PAN Kaltim akan Kawal hingga Tuntas

Samarinda – Partai Amanat Nasional (PAN) optimis akan mengamankan 1 kursi terakhir atau ke delapan untuk maju ke Senayan dari dapil Kalimantan Timur (Kaltim). Klaim ini disampaikan PAN setelah menyelesaikan perhitungan C1 salinan di 11.441 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dibenarkan Koordinator Badan Saksi Nasional (BSN) PAN, Lalu Edi Rahardianto, pihaknya sudah mengetahui hasil penghitungan suara DPR RI dari dapil Kaltim. Dari 11.441 TPS yang tersebar di 10 kabupaten/kota di Kaltim, PAN berhasil mengumpulkan 110.903 suara.

Setelah alfa selama tiga periode tidak lolos maju ke Senayan, tentunya hal ini menjadi kabar baik. Pasalnya, akan ada perwakilan dapil Kaltim dari partai berlambang Matahari Putih itu untuk maju ke Senayan.

Meskipun keputusan final perolehan kursi legislatif berada di ranah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang hingga saat ini masih memproses penghitungan suara ditingkat kecamatan. Namun, PAN akan mengawal kursi terakhir Senayan tersebut.

“Pasti, kami akan terus mengawal proses penghitungan ini sampai selesai. Kami akan patuh dengan aturan dan menunggu hasil keputusan resmi KPU,” ungkapnya.

Sementara itu, Subroto yang merupakan anggota PAN, mengaku juga telah menerima data pembanding dari sejumlah partai politik lainnya. Hasil yang ditemukan, PAN unggul dalam perebutan kursi terakhir DPR RI.

“Penghitungan partai lain juga merupakan hasil rekap dari data C1. Kami mendapatkan catatan PAN unggul dalam perebutan kursi ke-8,” paparnya.

Walau proses penghitungan resmi dari KPU masih berjalan, dengan jadwal pada 2 Maret 2024, bakal berlangsung pleno penghitungan suara di tingkat kabupaten/kota. Tetapi, ia berharap sisa tahapan penghitungan ini bisa berlangsung dengan aman tertib dan lancar.

“Semoga tidak ada indikasi kecurangan oleh partai politik untuk menggelembungkan suara. Kami akan terus mengawal proses penghitungan suara hingga tuntas, yang pasti kami punya data real C1 lengkap di seluruh TPS yang ada di Kaltim,” bebernya.

Untuk diketahui, penghitungan suara yang didapatkan PAN berhasil mengungguli saingan terdekatnya yakni Partai Demokrat dalam perebutan kursi terakhir menuju Senayan.

Sebelumnya telah beredar kabar, untuk Dapil Kaltim Partai Golkar telah memastikan dua kursi di DPR RI. Disusul Gerindra, PDIP, Nasdem, PKS dan PKB masing-masing satu kursi. Sementara kursi kedelapan atau terakhir bakal diperebutkan oleh PAN dan Demokrat.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram