Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Optimalkan Usaha Nelayan, DKP Kukar Serahkan Bantuan Kepada 169 Kelompok
Foto: Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin rutin menyalurkan bantuan perikanan kepada masyarakat di kecamatan yang tersebar di Kutai Kartanegara.
Foto: Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin rutin menyalurkan bantuan perikanan kepada masyarakat di kecamatan yang tersebar di Kutai Kartanegara.

Optimalkan Usaha Nelayan, DKP Kukar Serahkan Bantuan Kepada 169 Kelompok

Bebaca.id, TENGGARONG – Pemerintah Kabupten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menyalurkan bantuan kepada nelayan yang berada di daerah bantaran Sungai Mahakam dan Pesisir pada tahun 2024.

Sub Koordinator Pengelola Produksi Perikanan Tangkap, Dinas Kelautan dan perikanan, Ali Rahman menjelaskan, bahwa program tersebut dilakukan sebagai komitmen Pemkab untuk pembangunan perikanan berbasis kawasan.

“rencnanya akan dialokasikan pada tahun 2024 dan diserahkan kepada 169 kelompok nelayan di bantaran sungai mahakam dan pesisir dengan anggaran sebanyak Rp62,6 miliar,” kata Ali.

Bantuan tersebut nantinya akan berupa ketinting sebanyak 3.378, mesin diesel sebanyak 324, bodi kapal sebanyak 101, kemudian 1.257 perahu dan 10.740 rol kawat tempirai. Ia berharap dengan pengadaan tersebut masyarakat nelayan akan semakin produktif.

Di samping itu, Wakil Bupati Kukar Rendy Solihin mengatakan, pihaknya terus menyalurkan bantuan perikanan kepada masyarakat di kecamatan yang tersebar di Kutai Kartanegara.

Bantuan ini merupakan peralatan alat tangkap ikan, diantaranya seperti perahu fiber yang akan diserahkan pada Kelompok Usaha Bersama (KUB), kemudian mesin cas dan juga Bibit Udang Windu kepada kelompok pembudidaya.

“Ini adalah lanjutan dari program bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif pda program Dedikasi Kukar Idaman. Harapannya mampu mengoptimalkan usaha nelayan dan pembudidaya perikanan dalam menjalankan profesinya,” tegasnya.

Sejumlah program bantuan ini dipastikan akan terus berlanjut hingga 2024 mendatang. Dan kedepannya pihaknya memastikan akan lebih banyak lagi bantuan yang akan diberikan pemerintah daerah.

“Ini juga untuk menciptakan kemandirian bagi masyarakat, terlebih memang potensi perikanan kita juga cukup besar, sayang jika kita tidak maksimalkan,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram