Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Distransnaker Berkomitmen Bantu Penyandang Disabilitas di Kukar
Foto : Kabid Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Distransnaker Kukar, Lukman (Istimewa)

Distransnaker Berkomitmen Bantu Penyandang Disabilitas di Kukar

Bebaca.id, TENGGARONG – Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja, Lukman, menyampaikan akan memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi penyandang disabilitas.

Program ini bertujuan untuk memberikan hak aksesibiltas bagi para penyandang disabilitas di Kukar, dengan memberikan pelatihan serta pendampingan.

Sebab Pemerintah berkewajiban memberikan Bursa Kerja Khusus (BKK) bagi penyandang disabilitas untuk memperoleh hak pekerjaan, sebagaimana tertera pada Undang Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016.

“Nantinya pelatihan yang dibuat akan difokuskan pada kewirausahaan, sebelumnya program ini telah berjalan dan membuahkan hasil,” jelasnya, Sabtu (8/6/2024).

Lanjutnya, Ia mengatakan bahwa beberapa perusahaan sudah lebih terbuka kepada penyandang disabilitas, dengan menyediakan lowongan khusus bagi mereka.

Tak hanya itu. Pihaknya tengah gencar memaksimalkan penyediaan ruang pekerjaan yang lebih banyak bagi penyandang disabilitas.

“Saat ini kami juga sebagai jembatan penghubung antara penyandang disabilitas dengan perusahaan,” ucapnyq.

Lukman berharap, Program Kukar Siap Kerja dapat lebih inklusif dengan tidak hanya membantu masyarakat kurang mampu, melainkan juga masyarakat berkebutuhan khusus.

“Hasilnya sudah ada, beberapa diantara mereka sudah ada yang memiliki usaha dan pekerjaan, semoga dapat terus membantu penyandang disabilitas,” tutupnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram