Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Kembangkan Produk Andalan, Kades Tuana Tuha Akan Lebarkan Sayap ke Ritel Modern
Foto : Guleku, Produk gula aren dari Desa Tuana Tuha (Istimewa)
Foto : Guleku, Produk gula aren dari Desa Tuana Tuha (Istimewa)

Kembangkan Produk Andalan, Kades Tuana Tuha Akan Lebarkan Sayap ke Ritel Modern

Bebaca.id, Tenggarong – Salah satu produk olahan gula aren yang menjadi andalan Desa Tuana Tuha Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus dikembangkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes).

Kepala Desa (Kades) Tuana Tuha Tommy menyampaikan, untuk menembus produk di pasar modern, pihaknya berupaya menghadirkan produk dalam kemasan sachet.

Produk yang berhasil dibranding dengan merek Guleku tersebut telah mengantongi sertifikasi halal serta kerjasama dengan beberapa hotel yang ada di Balikpapan.

“Kami sudah memikirkan untuk melebarkan sayap ke ritel modern. Selain itu, kita juga sudah komunikasi dengan Indomaret, dan sudah jadi. Ini masih menunggu penawaran, karena kita perlu stok banyak untuk di Indomaret,” kata Tommy.

Di samping itu, produk Guleku sebelumnya tersedia dalam kemasan 250 gram, dengan berbagai rasa. Saat ini akan hadir dalam kemasan sachet yang lebih kecil, sehingga lebih terjangkau di ritel modern.

Ia juga menjelaskan, bahwa di Indomaret pastinya distribusi akan lebih luas. Sehingga membantu memperkenalkan produk lokal ini ke Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kami juga sudah punya Indikasi Geografis (IG), jelas produk turunan hingga ke hilirisasinya, jadi mumpuni untuk ekspor produk,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram