Follow:

Baca Berita Terbaik di sini!

Search
Close this search box.
/
/
Program PMBA dan RTLH Berhasil Meghapus Angka Kemiskinan Ekstream di Kukar
Foto : Sekkab Kukar, Sunggono (Istimewa)

Program PMBA dan RTLH Berhasil Meghapus Angka Kemiskinan Ekstream di Kukar

Bebaca.id, TENGGARONG – Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar berhasil menghapuskan angka kemiskinan.

Hal tersebut di sampaikan berdasarkan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapennas) dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Dirinya juga mengaku, bahwa keberhasilan itu tidak terlepas dari koordinasi lintas sektoral yang baik di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

“Sebelumnya, angka kemiskinan eksteram di Kukar tercatat mencapai 11 ribu orang, saat ini jumlah tersebut berhasil ditekan hingga 0 persen pada tahun ini,” kata Sunggono.

Berbagai sektor yang menjadi indikator utama kemiskinan ekstrem terus dientaskan melalui berbagai program seperti Peogram Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) dan Rehabilitasi Runah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Jadi diantaranya mereka itu miskin karena konsumsi hariannya yang rendah. Jadi yang kita lakukan bagaimana meningkatkan pendapatan,” terangnya kepada wartawan Selasa (21/5/2024) kemarin.

Selain itu, pengentasan kemiskinan ekstream merupakan program yang dilakukan pemerintah pusat dan ditargetkan kepada seluruh daerah untuk menghapuskannya di tahun 2024. Sementara, berdasarkan data DTKS pada tahun ini angka penurunannya mencapai 0,04 persen.

“Ini capaian yang perlu kita syukuri. Pak Bupati (Edi Damansyah) selalu mengingatkan kami, supaya tetap dikawal. Jangan sampai data ini tidak sesuai dengan keadaan dilapangan,” pungkasnya.

Penulis : Bayu Andalas Putra

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram